Kolaborasi SD Negeri 005 Balikpapan Tengah dan SD Negeri 006 Balikpapan Kota Mencari Ilmu Perpustakaan di Dispustakar Kota Balikpapan

Tuesday - 19 April 2022 - Dibaca: 247 kali

Balikpapan - Kamis (14/04/2022) telah dilakukan penyerahan Sertifikat Magang Pengelolaan Perpustakaan dan kegiatan foto bersama Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Kabid. Perpustakaan dan para Pustakawan bertempat di Ruang City Planning Galery Gedung Dispustakar Kota Balikpapan. Peserta magang berasal dari SD Negeri 005 Balikpapan Tengah dan SD Negeri 006 Balikpapan Kota. Magang pengelolaan perpustakaan ini berlangsung selama 5 hari tanggal 8 s/d 14 April 2022 bertempat di Gedung Perpustakaan Kota Balikpapan, Jl. Kapten Piere Tendean No.1. Magang pengelolaan perpustakaan bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan perpustakaan yang baik sesuai dengan kaidah ilmu perpustakaan.

Adapun materi magang diberikan secara teori dan praktek, terdiri dari Pengolahan Bahan Pustaka; Otomasi Perpustakaan; Pelayanan Perpustakaan dan Administrasi Perpustakaan.

Peserta magang selain mempelajari teori juga melakukan praktek antara lain : pembuatan katalog bahan pustaka, menentukan klasifikasi atau pengelompokan bahan pustaka dengan menggunakan Dewey Decimal Clasification (DDC) dan Daftar Tajuk Subjek (TS) sebagai pedoman. Selain itu peserta juga melakukan praktek otomasi perpustakaan antara lain : input bibliography, keanggotaan, sirkulasi, pencetakan kelengkapan bahan pustaka (label buku, barcode buku) melalui software SLIMS 9 (bulian).  

Pada sesi akhir, peserta melakukan Tour Perpustakaan yaitu mengenal Layanan, Fasilitas dan Ruang Perpustakaan yang ada di Perpustakaan Kota Balikpapan mulai dari area layanan di lantai 1 sampai dengan lantai 3.(dispustakar/put/af)