Kunjungan Wisata Edukasi Bimbel Pelangi

Friday - 08 Juli 2022 - Dibaca: 240 kali

Balikpapan - Rabu, (06/07/2022) Perpustakaan adalah institusi pengelola koleksi karya tulis, karya cetak dan atau karya rekam secara profesional dengan sistem baku guna memenuhi kebutuhan pendidikan, penelitian, pelestarian, informasi dan rekreasi para pemustaka (UU No. 43 Th. 2007). Perpustakaan sebagai lembaga yang memfasilitasi layanan pemustaka mulai dari tingkat satuan pendidikan formal terendah sampai tertinggi dan pendidikan non formal.

Dalam rangka pembelajaran diluar kelas, Bimbingan Belajar Pelangi (Pelangi Course) melakukan kegiatan kunjungan di Perpustakaan Kota Balikpapan, terdiri dari 30 peserta (16 laki-laki) dan (14 perempuan) serta 1 pendamping  yang dilaksanakan pada Rabu, 06 Juli 2022 Pukul 09.00 WITA sampai dengan Pukul 11.00 WITA bertempat di Ruang Aula; Baca Umum; Baca Anak; Bermain Anak. Kegiatan tersebut dipandu oleh 2 pustakawan dan 1 staff bidang perpustakaan, Kegiatan diawali dengan perkenalan atau selayang pandang tentang Perpustakaan Kota Balikpapan, dilanjutkan  dengan menonton video layanan perpustakaan Kota Balikpapan, video Profil Perpustakaan Nasional, film edukasi, diakhiri dengan membaca koleksi buku yang ada di Ruang baca Anak.

Salah satu tujuan wisata baca ke perpustakaan Kota Balikpapan adalah untuk mengenalkan lembaga perpustakaan tingkat kota kepada peserta didik  usia dini, pengenalan bahan bacaan dan lingkungan sebuah perpustakaan. Kegiatan tersebut diharapkan bisa mengenalkan perpustakaan, memupuk minat baca anak sejak usia dini serta merupakan sarana pembelajaran yang bervariasi dan rekreasi. Untuk dapat berkunjung dalam kegiatan wisata edukasi ini sangat mudah, yaitu dengan mengirimkan surat ijin/permohonan kunjungan yang ditujukan kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip  Kota Balikpapan.(Dispustakar-TM,PK)