Tim Verifikator Kota Layak Anak (Kla) Ke Dinas Perpustakaan Dan Arsip Kota Balikpapan

Friday - 08 Juli 2022 - Dibaca: 379 kali

Balikpapan – Kamis, (07/07/2022) Kebijakan Kota Layak Anak adalah upaya negara untuk memberikan hak dan perlindungan kepada anak sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak dan diubah melalui Undang-Undang Republik Indonesia  Nomor 35 Tahun 2014.

Evaluasi KLA (Kota Layak Anak) dilaksanakan melalui dua tahap yaitu Verifikasi Administrasi dan Verifikasi Lapangan. Tahun 2022 Kota Balikpapan ditetapkan menjadi salah kota yang akan dikunjungi oleh Tim  Kementerian PPA dalam rangka verifikasi lapangan.

Hari ini, Kamis, 07 Juli 2022, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan mendapat kunjungan dari Tim Verifikasi Kementerian PPA yang didampingi oleh DP3AKB, Bappeda Litbang, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan. Peninjauan ruang Layanan oleh Tim Verikator di mulai dari lantai 1 terdiri dari :  Layanan Informasi, Ruang Laktasi, Area Bermain Anak, layanan berkebutuhan khusus, toilet, Café dan Ruang Musholla. Lantai 2 terdiri dari Ruang Baca Anak,  BI Corner, toilet, Migas Corner dan Multi Media,  Lantai  3  Baca Umum terdiri dari Koleksi Konten Lokal, koleksi remaja Referensi.

Kegiatan kegiatan yang telah di selenggarakan oleh Perpustakaan Daerah Kota Balikpapan, Kepiting (Kelas Pintar Daring dan Luring) terdiri dari :

Kelas Mendongeng

Kelas Menggambar

Kelas Bahasa Inggris

Kelas Public Speaking

Kelas Menulis Fiksi dan Non Fiksi

Kelas Pelatihan Komputer Dasar

selain itu Perpustakaan Daerah juga memiliki kegiatan Wisata Edukasi yang diperuntukkan untuk Pelajar.

Dari hasil peninjauan Tim Verifikator memberikan beberapa masukan diantaranya :

 

  1. Tersedianya Wastafel di Ruang Laktasi
  2. Posisi toilet diharapkan tidak sejajar antara Laki-laki dan Perempuan.
  3. Adanya ruang konsultasi Psikolog untuk orang tua yang berkunjung ke Perpustakaan
  4. Tersedianya aplikasi digital yang ramah anak seperti  Youtube Kids pada layanan MultiMedia.

 

Di akhir peninjauan, di ruang Galery Tim Verifikator memberi tanggapan yang positif  terhadap Layanan Perpustakaan Kota Balikpapan.(dispustakar-TM)