Transformasi Mewujudkan Ekosistem Digital Perpustakaan dengan Aplikasi INLISLite Versi 3.2

Wednesday - 20 Juli 2022 - Dibaca: 262 kali

Samarinda – Selasa, (19/07/2022) Dispustakar Kota Balikpapan diwakili pustakawan dan pranata komputer mengikuti kegiatan sosialisasi aplikasi inlislite versi 3.2. Sosialisasi ini diselenggarakan oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi (DPKD) Kalimantan Timur, dilaksanakan dari pukul 08.00 hingga pukul 16.00 WITA menghadirkan narasumber dari Pusdatin (Pusat Data dan Informasi) Perpusnas RI, Bapak Didik Pribadi. Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Kepala Dinas, Bapak M.Syafranuddin dan penyampaian laporan panitia oleh Dra. Hj. E. Mustika Wati, MM selaku Kepala Bidang Layanan Otomasi Dan Kerjasama Perpustakaan.

Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi memberikan cindera mata kepada Bapak Didik selaku narasumber berupa seraung (topi lebar khas Kaltim) dan kain batik khas kaltim. Kegiatan ini terselenggara dalam rangka mensosialisasikan versi terbaru aplikasi inlislite kepada pengelola perpustakaan seKalimantan Timur dan dibatasi hanya untuk tiga puluh peserta. Peserta berasal dari pengelola perpustakaan di Perpustakaan Umum Kabupaten/Kota se-Kalimantan Timur dan SMA/SMK se-Kalimantan Timur.

Aplikasi INLISLite yang dibangun dan dikembangkan oleh Perpustakaan Nasional RI (Perpustakaan Nasional RI) sejak tahun 2011 ini bertujuan sebagai perangkat lunak satu pintu bagi pengelola perpustakaan untuk menerapkan otomasi perpustakaan sekaligus mengembangkan perpustakaan digital / mengelola dan melayankan koleksi digital. Sosialisasi yang diselenggarakan di DPKD Prov Kaltim Jl. Ir. H. Juanda nomor empat, Samarinda ini berisi tentang penjelasan narasumber tentang pengaturan administrasi; pengolahan bahan pustaka; pengelolaan pendaftaran anggota; pengelolaan sirkulasi pada Aplikasi INLISLite versi 3.2. (dispustakar-af,pk)