Dispustakar Gelar Workshop Autentikasi Arsip secara Virtual

Thursday - 25 Agustus 2022 - Dibaca: 275 kali

Balikpapan- Kamis, (25/8/2022) Workshop autentikasi arsip kali pertama dilaksanakan oleh Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan bekerja sama dengan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) secara virtual melalui zoom meeting. Tujuan dilaksanakannya workshop ini adalah untuk melakukan pembelajaran sekaligus diskusi antara Arsiparis Kota Balikpapan dengan Arsiparis ahli di bidang autentikasi arsip ANRI terkait metode dan teknik pengujian autentikasi arsip.

Autentikasi merupakan proses pemberian tanda dan/atau pernyataan tertulis atau tanda lainnya sesuai dengan perkembangan teknologi yang menunjukkan bahwa arsip yang diautentikasi adalah asli atau sesuai dengan aslinya (Perka ANRI 20/2011). Narasumber workshop terdiri dari dua orang, Ibu Yanah Suryanah selaku Koordinator Kelompok Laboratorium dan Autentikasi Arsip dan Bapak Aris Widodo. Kedua narasumber merupakan Arsiparis ANRI. Dalam pemaparan materi, Bapak Aris menyampaikan bahwa “autensitas harus didukung bukti yang kuat, yakni dengan teknologi yang andal, sumber daya manusia yang kompeten serta prosedur administrasi yang andal.

Di sela kesibukan, Kepala Dispustakar Kota Balikpapan berkenan membuka workshop kali ini. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa “pengelolaan arsip itu sangat penting” sehingga beliau berharap sumber daya manusia yang melakukannya harus memiliki pengetahuan dan kecakapan sehingga dapat bekerja secara professional. Di akhir sambutan beliau menyampaikan apresiasi serta dukungan terhadap Workshop Autentikasi Arsip.(Dispustakar-scp)