Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan Terima Kunjungan Tim Penilai Panji Keberhasilan Pembangunan Kalimantan Timur

Monday - 05 September 2022 - Dibaca: 293 kali

Balikpapan-Selasa (23/08/2022), Tim penilai Panji-Panji keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur melakukan visitasi penilaian di Balikpapan. On The Spot dilaksanakan pada Selasa (23/08/2022) di Ruang galeri Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan

Penilaian Panji-panji keberhasilan adalah penilaian pembangunan bidang perpustakaan yang merupakan bentuk apresiasi Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur kepada kabupaten /kota yang telah berhasil dalam melaksanakan program-program pembangunan di bidang perpustakaan dengan baik dan luar biasa dalam melaksanakan pembangunan di bidang perpustakaan dan pembudayaan kegemaran membaca.

Kepala Dinas Perpustakaan, didampingi kepala bidang perpustakaan dan pustakawan menerima kunjungan tim penilai Panji-panji Keberhasilan Pembangunan Pemerintah, dari Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Turut hadir juga perwakilan Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca (GPMB ) Ibu Royhana dan Ibu Lina. Tim penilai yang berjumlah 3 orang dipimpin oleh Syafruddin Pernyata. Kegiatan tim penilai di Balikpapan diawali dengan presentasi Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

Dalam paparannya Kepala Dinas Perpustakaan Sutadi menyampaikan Perpustakaan dimasa kini sudah bertransformasi , tidak hanya untuk membaca buku saja, namun sebagai tempat berkegiatan masyarakat (TPBIS) Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial. Ditahun 2022 Perpustakaan Kota Balikpapan mendapatkan penghargaan sebagai perpustakaan terbaik implementasi program TPBIS Kalimantan Timur.

Sementara itu, Syafruddin Pernyata, salah satu tim penilai menyebut, tujuannya ke Kota Balikpapan yaitu untuk melakukan verifikasi faktual, mencocokan data yang dikirim dengan fakta di lapangan.

Tahun ini persaingan peserta Panji-panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perpustakaan terbilang ketat. Balikpapan akan bersaing dengan 4 Kabupaten/Kota lainnya yang ada di Kaltim. Ke-4 kabupaten/kota lainnya yaitu Bontang, Kutai Kartanegara, Berau serta Paser

Sejak tahun 2020 Perpustakaan Kota Balikpapan meluncurkan berbagai jenis inovasi-inovasi layanan, yang sudah dilakukan antara lain BELADONGLIS, KEPITING (Kelas Pintar Daring dan Luring) , Koper Viral (Konsultasi Perpustakaan Virtual), TaWan (Tanya Pustakawan) , Go Book, Magang Pengelola Perpustakaan, SiKuMas (Donasi Buku Masyarakat),  inovasi Dongeng Online (Dolan), Layanan Konsultasi Anak, Roadshow Literasi bersama radio IDC. Pada Saat verifikasi, tim juri mengklarifikasi tentang komunitas baca yang ada di Kota Balikpapan,peran bantuan dan peran serta masyarakat dalam pengembangan perpustakaan di Kota balikpapan, dan Peran Perpustakaan untuk lingkungan masyarakat seperti: kegiatan donasi buku ke pojok baca , perpustakaan.(dispustakar-pk,rf,tm)