Workshop Penilaian dan Penetapan Hasil Alih Media Tahun 2022

Friday - 16 September 2022 - Dibaca: 64 kali

Balikpapan - Selasa(13/09/2022), Perkembangan teknologi terlebih di situasi pandemi semakin mendorong digitalisasi pelayanan di sektor publik, seperti halnya otomasi pengelolaan arsip sebagai perwujudan tata kelola arsip yang tertib dan efektif. Tuntutan kemudahan dan peningkatan kualitas pelayanan yang baik di semua lini serta menjawab tantangan Arsiparis di tengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di Era Revolusi Industri 4.0, maka diperlukan peningkatan sumber daya manusia dalam bidang teknologi. Oleh karena itu, demi menjawab tuntutan tersebut, Dispustakar menggelar Workshop Penilaian dan Penetapan Hasil Alih Media

 

Workshop  yang digelar selama satu hari pada tanggal 7 September 2022 secara virtual, dibuka oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip dan diikuti oleh arsiparis dan pegawai Dispustakar Kota Balikpapan. Narasumber berasal dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yaitu Bapak Achmad Dedi Faozi selaku Koordinator Reproduksi dan Digitalisasi serta Bapak Parno Nusantara, Arsiparis Muda ANRI. Urgensi alih media arsip yakni dalam rangka penyelamatan arsip yang terekam dalam berbagai media, arsip terancam tidak bisa dibuka, dan arsip terancam rusak.

 

Dalam materinya, Achmad Dedi Faozi yang kerap disapa Bang Ozi ini memaparkan bahwa “keberhasilan dalam kegiatan alih media arsip sangat tergantung oleh tersedianya berbagai unsur pendukung yakni, SDM yang berkompeten, fasilitas yang cukup, peralatan yang lengkap, dan metode yang tepat.”(dispustakar-scp)