Dispustakar Memfasilitasi Pembelajaran Literasi Kewirausahaan Siswa SMA Negeri 2 Balikpapan

Monday - 26 September 2022 - Dibaca: 69 kali

Balikpapan - Pada Tanggal 7 September sampai dengan tanggal 13 September 2022 Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan berkolaborasi dengan SMA Negeri 2 Balikpapan dalam rangka pembelajaran literasi berkaitan dengan kewirausahaan dan mengenalkan perpustakaan agar siswa dapat menumbuhkan kegemaran membaca. Sebanyak 321 siswa bersama guru pendamping yang terbagi dalam 5 kelompok bertempat di aula lantai 4 Dispustakar diterima oleh kepala dinas beserta pustakawan. Dalam sambutannya, Kepala Dispustakar Balikpapan menyampaikan ucapan terima kasih kepada SMA Negeri 2 Balikpapan yang telah bersedia mengunjungi dan menjadikan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan sebagai rujukan dalam pembelajaran bagi pelajar.

 Dalam kesempatan tersebut Dinas Perpustakaan dan Arsip memberikan sosialisasi tentang pemanfaatan perpustakaan digital, iBalikpapan serta memberikan bimbingan penelusuran literatur kewirausahaan yang disampaikan oleh pustakawan. iBalikpapan merupakan aplikasi perpustakaan digital berisi ribuan judul buku digital yang dapat dibaca, dipinjam secara gratis dengan cara mendownload aplikasi melalui gadget seperti HP, Laptop, tablet maupun PC berakses internet. Koleksi yang dimiliki iBalikpapan sangat beragam, dengan akses yang mudah dan gratis. iBalikpapan dapat menjadi solusi untuk memenuhi kebutuhan akan bahan bacaan.

Pengenalan aplikasi dilakukan dalam kegiatan ini agar siswa mendapatkan alternatif pencarian koleksi selain melalui buku-buku konvensional yang ada di perpustakaan. Diharapkan siswa SMA Negeri 2 Balikpapan dapat mengatasi kendala selama belajar di rumah dengan memanfaatkan aplikasi iBalikpapan untuk menunjang literatur pembelajaran. Dengan dikenalkannya aplikasi ini diharapkan juga siswa menjadi lebih rajin membaca buku dan dapat memanfaatkan gadget dengan lebih bijak.  (dispustakar-pk,rf)