Penyerahan Sertifikat Akreditasi Perpustakaan, Bantuan Buku Untuk Kelurahan Oleh Dinas Perpustakaan Dan Kearsipan Daerah Provinsi Kaltim Serta Penyerahan Hadiah Lomba Perpustakaan Tingkat SD/MI Dan SMP/MTs Kota Balikpapan Tahun 2022

Wednesday - 05 Oktober 2022 - Dibaca: 144 kali

Balikpapan - Akreditasi merupakan pengakuan formal oleh Lembaga Akreditasi Perpustakaan (LAP) Perpustakaan Nasional RI terhadap suatu lembaga perpustakaan yang sudah sesuai Standar Nasional Perpustakaan (SNP). Tahun 2022 Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan memfasilitasi penyelenggaraan Akreditasi Perpustakaan yang ada di Kota Balikpapan.

Dalam Laporannya Bapak Sutadi selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan menginformasikan bahwa tahun 2022 terdapat 8 Perpustakaan yang diusulkan mengikuti Akreditasi Perpustakaan, antara lain 7 perpustakaan sekolah dan 1 perpustakaan perguruan tinggi.

Setelah melalui tahapan penilaian berkas dan visitasi oleh Asesor Akreditasi dari Perpustakaan Nasional RI, maka bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan pada hari Senin 3 Oktober 2022 dilakukan penyerahan sertifikat akreditasi perpustakaan oleh Bapak Drs. Muhammad Syafranuddin,M.M. selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Kalimantan Timur.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan bantuan buku untuk Kelurahan Graha Indah dan Kelurahan Gunung Samarinda Baru, yang merupakan kelurahan pemekaran serta penyerahan hadiah Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SD/MI dan SMP/MTs Kota Balikpapan Tahun 2022.

 Hadir pada acara tersebut,  Kepala DPKD Provinsi Kalimantan Timur, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Balikpapan, Kepala Kantor Kementrian Agama Balikpapan, Lurah Graha Indah dan Gunung Samarinda Baru, Kepala Sekolah dan Pengelola Perpustakaan Sekolah, Kepala dan Pengelola UPT Perpustakaan Universitas Balikpapan serta Pustakawan pendamping dari Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

Dalam sambutannya, Kepala DPKD Provinsi menyampaikan ucapan selamat atas pencapaian masing-masing sekolah. Harapannya dengan perolehan predikat terakreditasi tersebut tidak hanya berhenti sampai disini, namun terus mempertahankan dan mengembangkan perpustakaan demi terwujudnya budaya masyarakat gemar membaca.

Untuk hasil akreditasi perpustakaan dan juara lomba perpustakaan sekolah tahun 2022 dapat di informasikan, sebagai berikut:

Akreditasi Perpustakaan Kota Balikpapan Tahun 2022

NO.

NAMA PERPUSTAKAAN

KETERANGAN

1

Perpustakaan Lingua Shorea SMP N 3 Balikpapan

Terakreditasi A

2

Perpustakaan Lentera Ilmu SMP N 5 Balikpapan

Terakreditasi A

3

Perpustakaan SMP Nasional KPS

Terakreditasi A

4

Perpustakaan Bahrul Ulum MTs Negeri 2 Balikpapan

Terakreditasi A

5

Perpustakaan SMA N 1 Balikpapan

Terakreditasi A

6

Perpustakaan Universitas Balikpapan

Terakreditasi B

7

Perpustakaan Cahaya Ilmu SMP N 2 Balikpapan

Terakreditasi B

8

Perpustakaan SDIT PJHI Balikpapan

Terakreditasi B

 

Juara Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SD/ MI, sebagai berikut :

NO.

NAMA PERPUSTAKAAN

KETERANGAN

1

SDIT PJHI Balikpapan Timur

Juara 1

2

SD Nasional KPS Balikpapan Kota

Juara 2

3

SDIT Al Auliya 2 Balikpapan Utara

Juara 3

 

Juara Lomba Perpustakaan Sekolah Tingkat SMP/MTs, sebagai berikut :

NO.

NAMA PERPUSTAKAAN

KETERANGAN

1

Perpustakaan Lingua Shorea SMP Negeri 3 Balikpapan

Juara 1

2

Perpustakaan SMP Nasional KPS

Juara 2

3

Perpustakaan Lentera Ilmu SMP Negeri 5 Balikpapan

Juara 3

(dispustakar-pk,rf)