Bimtek Pengelolaan Arsip Terjaga

Wednesday - 09 November 2022 - Dibaca: 157 kali

Balikpapan – Selasa,(8/11/2022) Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur menggelar Bimbingan Teknis Pengelolaan Arsip Terjaga bertempat di ruang pertemuan lantai 4 Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Narasumber yakni Bapak Andriea Salamun, S.Sos, Arsiparis Pertama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan dari seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Adapun maksud dan tujuan diselenggarakannya bimtek ini adalah peserta dapat memperoleh pemahaman tentang kriteria dan cara pengelolaan arsip terjaga sesuai dengan prinsip dan kaidah kearsipan. Sehingga, berbekal pemahaman tersebut mampu mendorong perangkat daerah melakukan pengelolaan arsip terjaga yang dimiliki.

 

Kepala Dispustakar, Sutadi memberikan sambutan selamat datang kepada Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, Drs. M. Syafranuddin, MM. beserta tim panitia. Beliau menyampaikan kegiatan Bidang Kearsipan satu tahun terakhir, terlebih terkait progress implementasi aplikasi SRIKANDI, semoga aplikasi SRIKANDI dapat diimplementasikan secara keseluruhan di Pemerintah Kota Balikpapan. Beliau optimis, sebab bukan kali pertama Kota Balikpapan menggunakan aplikasi semacam ini, sebab sejak tahun 2018 telah dipergunakan aplikasi e-Office Balikpapan dan telah diintegrasikan dengan SIKD milik ANRI.

 

Ivan, panggilan akrab Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Kalimantan Timur, memberikan sambutan sekaligus membuka acara. Beliau menyampaikan tentang rencana dalam mengembangkan dunia Kearsipan pada tahun 2023 mendatang. Beliau bertekad untuk membawa dunia kearsipan Kalimantan Timur menuju era digital secara keseluruhan, sehingga memohon dukungan kepada seluruh Lembaga Kearsipan Daerah di Kalimantan Timur baik dari segi anggaran, sarana maupun prasarana. Akhir kata beliau memotivasi seluruh peserta untuk mengikuti acara ini dengan semangat sehingga ilmu yang didapatkan bermanfaat, tak lupa beliau juga menyampaikan apresiasi terhadap kinerja Dispustakar.(Dispustakar-SCP)