Kunjungan Industri sekaligus Wisata Arsip Siswa SMK Negeri 2 Balikpapan

Friday - 02 Desember 2022 - Dibaca: 131 kali

Balikpapan – Selasa (29/11/2022), Salah satu kewajiban Lembaga Kearsipan Derah adalah melaksanakan pembinaan kearsipan terhadap pencipta arsip sekaligus memberikan layanan kearsipan. Sebagai salah satu bentuk layanan kearsipan, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan menerima kunjungan industri dari SMK Negeri 2 Balikpapan. Kunjungan Industri yang dirangkai dengan wisata arsip tersebut diikuti oleh 103 siswa dari program keahlian Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran dan didampingi oleh guru pembimbing.

 

Bapak Muhlis, S.Pd., M.Pd selaku ketua rombongan menyampaikan bahwa maksud dan tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk menambah wawasan siswa tentang kearsipan sekaligus memberikan pengalaman yang positif tentang dunia kerja. Beliau berharap siswa memiliki gambaran tentang dunia kerja agar dapat menambah semangat belajar. Dalam kunjungan industri ini siswa diharapkan untuk aktif menggali informasi tentang dunia kearsipan.

 

Plh. Kepala Bidang Kearsipan, Nur Ilham Septian, S.IP. menyambut baik kunjungan ini, beliau menjelaskan pentingnya arsip dan peluang dalam dunia kerja. Beliau memberikan pemahaman bahwa, saat ini dunia kearsipan tidak lagi menjadi hal yang dipandang sebelah mata, sebaliknya menjadi hal yang mulai diperhitungkan.

 

Dalam wisata arsip, siswa diperkenalkan dan diberikan penjelasan mengenai apa itu arsip dan bagaimana cara pengelolaan sesuai dengan kaidah dan peraturan kearsipan. Selain diberikan materi kearsipan dan dilanjutkan dengan diskusi,  Arsiparis juga mengajak siswa untuk berkeliling ke Depot Arsip hingga ruang City Planning Gallery. Kami membuka kesempatan bagi sekolah lain yang akan melakukan kunjungan industri dan wisata arsip,  hanya dengan mengirimkan surat permohonan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip.

 

Pohon kelapa panjang akar

Tumbuh subur di daerah teritip

Ayo datang ke Dispustakar

Kita belajar sambil wisata arsip

 

(Dispustakar-scp).