Pengukuhan Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kota Balikpapan Periode 2022 – 2026

Friday - 23 Desember 2022 - Dibaca: 153 kali

Balikpapan – Selasa (20/12/2022)Dalam rangka menumbuhkembangkan minat dan budaya gemar membaca masyarakat melalui pengembangan dan pendayagunaan perpustakaan di Kota Balikpapan, maka dibentuk Pengurus Daerah Gerakan Pemasyarakatan Minat Baca Kota Balikpapan periode 2022-2026.

Bertempat di Aula Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, pada hari Selasa tanggal 20 Desember 2022, Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur, Drs. Syafruddin Pernyata, M.Hum mengukuhkan sebanyak 40 (empat puluh) pengurus daerah GPMB Kota Balikpapan Periode 2022 - 2026 dengan ketua Ida Prahastuty, S.Sos., M.Si.. Dalam pengukuhan pengurus dilaksanakan penandatanganan berita acara oleh Ketua GPMB Kota Balikpapan Terpilih dan Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur disaksikan Wakil Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur dan Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

Dalam prosesi pengukuhan, Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur memasangkan Seraung dan Rompi serta memberikan Anjat kepada Ketua GPMB Kota Balikpapan Periode 2022-2026. Atribut tersebut memiliki filosofi, yakni Seraung melambangkan GPMB sebagai pengayom, pelindung, pelopor, pemandu Gerakan Literasi di Balikpapan. Rompi sebagai wujud identitas yang terkoordinasi dan terpimpin dengan baik. Sedangkan Anjat, melambangkan kesiapan pengurus GPMB mengemban amanat Gerakan Literasi Balikpapan melalui Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga GPMB.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip berharap GPMB Kota Balikpapan dapat bersinergi dengan GPMB Provinsi Kalimantan Timur. Ketua GPMB Provinsi Kalimantan Timur dalam sambutannya berharap seluruh Pengurus GPMB Kota Balikpapan dapat turut serta mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara menggerakan minat dan budaya baca di masyarakat serta meningkatkan peran perpustakaan. (Dispustakar - SCP, RF)