Kota Balikpapan yang Kuimpikan dalam Tulisan

Wednesday - 22 Februari 2023 - Dibaca: 166 kali

Balikpapan – Senin (15/02/2023) Esai memiliki peranan penting dalam menyampaikan kritik dan saran karena bersifat reflektif yang bisa membuat pembaca merenungi gagasan yang disampaikan penulis. Adanya lomba penulisan esai ini dilatarbelakangi oleh peranan penting esai sebagai sarana menyampaikan sudut pandang pribadi terhadap suatu permasalahan. Lomba penulisan esai untuk kategori SD/MI, SMP/MTS, SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi merupakan kegiatan dalam rangka memperingati HUT KOTA BALIKPAPAN yang ke -126 sekaligus sebagai wadah bagi warga Kota Balikpapan untuk menyalurkan hobi menulis sekaligus menyampaikan ide dan harapan terhadap Kota Balikpapan.

Peserta yang mengikuti lomba menulis esai merupakan warga Kota Balikpapan dan telah menjadi anggota perpustakaan serta anggota ibalikpapan. Flyer lomba menulis yang berisi persyaratan lomba telah dibagikan ke sosial media Pemkot Balikpapan maupun dispustakar. Peserta lomba menulis terdiri dari Peserta Tingkat SD/MI, SMP/MTS, SMA/MA/SMK dan Tingkat Perguruan Tinggi. Pemenang akan dipilih sebanyak 3 (tiga) orang untuk masing-masing kategori. Pengumpulan naskah dimulai tanggal 14 hingga 25 Januari 2023 ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.

Juri lomba menulis esai ada 3 (tiga) orang yang merupakan perwakilan dari Komunitas Penulis Balikpapan yang terdiri dari Ibu Indah Prihatiningsih, Bapak Herry Trunajaya, dan Ibu Rinnelya. Penjurian dimulai dari tanggal 26 Januari hingga 05 Februari 2023. Tanggal 10 Februari 2023 bertepatan dengan upacara dan ceremonial HUT Kota Balikpapan ke 126 Tahun diumumkan pemenang Lomba Menulis Esai dan penyerahan hadiah untuk pemenang pertama masing-masing kategori secara simbolis. Berdasarkan Keputusan Walikota No. 188.45-63/2023 tentang Pemenang Lomba Menulis Esai Hari Ulang Tahun Kota Balikpapan Ke-126 Tahun 2023. Yang bertema "Kota Balikpapan yang Kuimpikan"  Diputuskan :

1. Kategori SD/MI
* Arka Rayhan sebagai Juara 1
* Uray Muhammad Tauhid sebagai Juara 2
* Alisha Azzahra C. sebagai Juara 3

2. Kategori SMP/MTs
* Khansa Nazifa Kiyasati sebagai Juara 1
* Chanasya Tsabita Tifasha sebagai Juara 2
* Arrum Nuralia Syazani sebagai Juara 3

3. Kategori SMA/SMK/MA
* Kayla Augusta Waluyo sebagai Juara 1
* Annisa Bilqis sebagai Juara 2
* Nicholas Evan Ferdinand sebagai Juara 3

4. Kategori Perguruan Tinggi
* Aqwam Naufal Fadhlullah sebagai Juara 1
* Puji Rahayu sebagai Juara 2
* Deswita Istiyanti sebagai Juara 3

Kegiatan penyerahan piala, sertifikat dan hadiah dilaksanakan di ruang CP Gallery Dispustakar Kota Balikpapan Tanggal 15 Februari 2023. Agenda penyerahan piala dihadiri oleh semua pemenang dan pendamping serta Staf Dispustakar. Acara dibuka oleh Kadis Dispustakar, dalam sambutannya beliau berharap pemenang lomba menulis esai agar dapat ikut meramaikan dispustakar dengan cara berliterasi di Dispustakar. Sesi selanjutnya dilanjutkan dengan penyerahan piala, sertifikat, dan hadiah kepada pemenang berdasarkan kategori yang ada serta dokumentasi bersama kadis. (dispustakar-tm,af)