Tingkatkan Minat Baca Melalui Story Telling Competition 2023

Friday - 24 Maret 2023 - Dibaca: 109 kali

Balikpapan – Senin (20/03/2023), Dalam rangka memperingati Hari Dongeng Sedunia tanggal 20 Maret, Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan menyelenggarakan Story Telling Competition untuk guru TK/PAUD se-Kota Balikpapan. Tema yang diambil untuk tahun ini adalah “Dongengku untuk muridku”. Tema tersebut diambil dengan harapan semakin banyak guru TK/PAUD yang memberikan dongeng untuk muridnya dalam pembelajarannya, sehingga terbentuk generasi dengan karakter yang baik dengan nilai-nilai kearifan yang ditanamkan melalui dongeng.

Tahapan kegiatan Lomba Story Telling diawali dengan pendaftaran peserta yang dimulai pada tanggal 13 Maret 2023. Peserta yang mendaftar harus menyertakan identitas dan naskah dongeng bergambar. Tahap selanjutnya peserta menampilkan dongeng sesuai naskah yang dikumpulkan di depan dewan juri pada tanggal 20 Maret 2023.

Kegiatan penjurian Story Telling Competition ini dibuka oleh Hasanuddin selaku Sekretaris Dinas bertempat di Aula lantai 4 Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan pada tangga; 20 Maret 2023. Dalam sambutannya Sekretaris Dinas menekankan bahwa  kegiatan story telling adalah salah satu upaya melestarikan kearifan lokal yaitu budaya bertutur. Melalui pembudayaan bertutur atau mendongeng pada anak seorang anak mendapat pengalaman untuk menangkap pesan tersirat dari cerita yang tersampaikan sehingga tumbuh nilai-nilai kreativitas, kelancaran emosional, dan minat baca.

Para pemenang dalam Story Telling Competition bagi guru TK/PAUD se-Kota Balikpapan ini akan mendapatkan Piala, Piagam dan Uang Pembinaan. Adapun nama-nama pemenangnya sebagai berikut:

Juara 1 Dwi Rohmawati

Juara 2 Abidah Rizal

Juara 3 Dewi Yanti

Juara Harapan 1 Hidayah (Dispustakar-pk,rf).