Yuk ke Perpustakaan Kota Balikpapan

Tuesday - 02 Mei 2023 - Dibaca: 619 kali

Balikpapan - Selasa,(02/05/2023) Buku adalah jendela dunia dan membaca adalah kunci untuk membukanya. Ungkapan tersebut tentu tidak asing ditelinga kita. Membaca menjadi akses penting dalam membuka pikiran, menambah informasi, dan meluaskan wawasan. Perpustakaan Kota Balikpapan hadir sebagai ruang publik yang menyediakan beragam sumber bacaan untuk masyarakat. Ini selaras dengan visi Dinas Perpustakaan Kota Balikpapan sebagai pusat baca masyarakat Kota Balikpapan. 

Perpustakaan Kota Balikpapan menyediakan fasilitas membaca yang lengkap dan modern. Mulai dari koleksi membaca untuk anak-anak, koleksi membaca untuk umum, koleksi bacaan referensi, koleksi braille, dan koleksi terbitan berkala seperti majalah dan koran. Ragam bacaan disajikan secara cetak maupun digital. Sahabat Dispustakar dapat mengakses informasi melalui layanan koleksi digital dan IT yang dilengkapi dengan akses internet mumpuni. Tak hanya fasilitas baca yang nyaman, Perpustakaan Kota Balikpapan juga menyediakan berbagai layanan gratis yang dapat dimanfaatkan Sahabat Dispustakar. Layanan konsultasi bersama psikolog, Kelas Bintang berupa kelas mendongeng, kelas menulis dan kelas menari, serta berbagai agenda seru dan mengasyikan. Layanan Wisata Edukasi mengajak anak usia dini mengenal perpustakaan dan mencintai buku bacaan dengan menyenangkan melalui kegiatan membaca bersama, mendongeng dan bermain bersama.

Seluruh layanan dan fasilitas perpustakaan dilengkapi dengan sarana yang memudahkan masyarakat dalam mengakses informasi. Di lantai 1 Sahabat Dispustakar dapat menjumpai ruang bermain anak, ruang laktasi, ruang konsultasi, BI Corner, dan mushola. Beranjak ke lantai 2 tersedia ruang baca anak dan ruang multimedia. Tiba di lantai 3, Sahabat Dispustakar akan menemui ruang baca umum yang didalamnya tersedia pojok remaja, ruang koleksi referensi dan konten lokal. Setiap lantai dilengkapi toilet dan akses internet gratis, tak lupa, gazebo atau ruang terbuka yang dapat digunakan sebagai tempat diskusi Sahabat Dispustakar. Perpustakaan Kota Balikpapan juga memberikan kesempatan kepada masyarakat dan komunitas untuk menggunakan fasilitas perpustakaan dalam berkegiatan dengan tujuan peningkatan kompetensi dan kreatifitas.

Untuk menikmati berbagai layanan dan fasilitas perpustakaan, Sahabat Dispustakar dapat bergabung sebagai anggota perpustakaan dengan mengunjungi area Pendaftaran Anggota di lantai 1. Sebagai informasi Perpustakaan Kota Balikpapan beralamat di jalan Kapten Piere Tendean No. 1. Layanan perpustakaan tersedia setiap Senin - Kamis (08.00 - 15.30 WITA), Jumat (08.00 - 15.00 WITA), dan Sabtu (08.00 - 12.00 WITA). Khusus bulan Ramadan layanan perpustakaan berjalan lebih singkat. Sahabat Dispustakar dapat mengunjungi perpustakaan mulai pukul 08.15 - 14.00 WITA setiap Senin - Kamis, pukul 08.15 - 15.00 WITA setiap Jumat, dan pukul 08.15 - 12.00 WITA untuk hari Sabtu. (dispustakar-saz,ed.rf)