Wisata Ke Perpustakaan Kota Balikpapan

Monday - 11 Februari 2019 - Dibaca: 1463 kali

Balikpapan - Perpustakaan selain sebagai pusat belajar masyarakat juga memiliki fungsi rekreatif. Gedung Perpustakaan Kota Balikpapan berada di posisi yang strategis, dekat dengan jalan utama dan pada bagian belakang berbatasan dengan Waduk Telagasari. Pada saat libur sebagian warga kota Balikpapan memanfaatkan waduk tersebut untuk sekedar refreshing bersama keluarga atau bahkan memancing.

Menangkap peluang tersebut Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan berbenah memperbaiki Taman Perpustakaan yang diberi nama “Taman Eddy Yusuf” serta menambah faslitas baru yaitu Ruang Literasi dan Alat Permainan Edukasi (APE). Ruang literasi yang dimaksud adalah sebuah gazebo besar dilengkapi dengan buku-buku perpustakaan tempat masyarakat belajar, berkreasi dan rekreasi. Di samping gazebo disediakan berbagai APE bagi anak-anak bermain dan belajar. Fasilitas tersebut dapat dipergunakan bebas oleh masyarakat setiap hari pada jam layanan perpustakaan.

Selain itu Dispustakar Kota Balikpapan mengadakan kegiatan rutin yang diperuntukkan bagi anak-anak usia dini (TK/PAUD) dan sudah berlangsung selama 4 tahun yaitu mendongeng di perpustakaan. Kegiatan ini dimulai pada pukul 09.00 wita setiap hari Senin s/d Jumat dengan menghadirkan pendongeng lokal. Mulai bulan Januari tahun 2019 mendongeng di perpustakaan juga dilaksanakan pada hari Sabtu pukul 10.30 wita di Ruang Koleksi Buku Anak lantai 2 Dispustakar.

Nah, menarik bukan jika berwisata  di perpustakaan? Selain mendapatkan ilmu juga menyegarkan pikiran setelah penat disibukkan oleh rutinitas. Bagi bapak-bapak ketika mengajak anggota keluarga membaca di perpustakaan dapat menggunakan waktu senggangnya dengan memancing di Waduk Telagasari. Sementara menunggu bapak-bapak memancing, ibu-ibu bisa membaca majalah di gazebo atau memanfaatkan akses internet gratis yang disediakan sambil mengawasi anak-anak bermain. Tunggu apalagi, ayo ke perpustakaan! (dispustakar/rf-mth)