Lokakarya Bercerita: Biasa Mendongeng Itu Luar Biasa

Wednesday - 10 April 2019 - Dibaca: 122 kali

Balikpapan – Bidang Perpustakaan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan mengadakan Lokakarya Bercerita bagi pengajar SD & MI se-Kota Balikpapan (09/04/2019) yang bertempat di Aula Rumah Jabatan Wakil Wali Kota Balikpapan.

Lokakarya kali ini mengusung tema “Bisa membaca itu biasa, biasa membaca itu luar biasa.” Tujuannya adalah untuk memberi wawasan kepada pengajar SD & MI agar dapat menyampaikan dongeng dengan lebih menarik dan efektif. Diharapkan peserta yang adalah pengajar ini dapat juga berbagi ilmu dengan anak didik tentang teknik mendongeng yang baik dan nantinya bisa diterapkan saat lomba mendongeng yang akan dilaksanakan dalam waktu dekat.

Kegiatan yang dibuka oleh Asisten Perekonomian, Pembangunan dan Kesejahteraan Rakyat, Fahruddin  Harami ini dihadiri oleh 82 orang peserta. “Saya menyambut baik kegiatan ini karena dapat meningkatkan kompetensi mendongeng para pengajar sehingga diharapkan dapat menularkan kepada siswa di sekolah masing-masing dan meningkatkan kegemaran membaca,” tutur Fahruddin.

Sebelumnya Hery Misnoto, Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan juga menuturkan harapannya kepada peserta. “Semoga dengan adanya lokakarya ini dapat menambah wawasan pengajar dalam mendongeng dan kemudian dapat menghasilkan siswa-siswa yang biasa mendongeng sehingga Balikpapan menjadi kota yang maju,” tuturnya. Menurutnya kebiasaan mendongeng erat kaitannya dengan peningkatan kegemaran baca sehingga literasi anak bangsa juga semakin terasah karenanya.

Peserta menunjukkan antusiasme yang baik ketika mendengarkan paparan dari narasumber yaitu Kak Tino dari Kampung Dongeng Indonesia, Jakarta. Selain diberi motivasi, peserta dibekali dengan berbagai teknik bercerita termasuk bagaimana menghasilkan suara-suara unik dalam mendongeng. (dispustakar/mth)