Berbagi Buku, Berbagi Ilmu

Tuesday - 20 Agustus 2019 - Dibaca: 53 kali

Balikpapan - Buku adalah jendela ilmu. Dengan membaca buku akan banyak ilmu kita dapatkan. Manfaat membaca adalah menambah wawasan berpikir kita. Tak salah orang mengatakan orang bijak adalah orang yang banyak membaca. Orang berilmu biasanya akan menjadi orang yang arif bijaksana. Sebab melihat segala permasalahan kehidupan dari berbagai sudut yang telah diketahuinya.

Tanpa buku, gerakan peningkatan minat baca agaknya sulit direalisasikan, sehingga upaya untuk mengembangkan budaya literasi masyarakat haruslah dibarengi dengan kemudahan akses terhadap buku sebagai salah satu sumber utama ilmu. Untuk merealisasikan upaya tersebut, Dinas Perpustakaan dasn Arsip Kota Balikpapan menyediakan sarana berupa Bank Buku.

Bank Buku adalah wadah bagi masyarakat untuk dapat menyumbangkan buku sebagai salah satu bentuk bahan bacaan. Buku yang disumbangkan tentunya harus dalam kondisi layak baca. Jenisnya dapat berupa fiksi, cerpen, novel non-fiksi, cerita anak, buku pelajaran, buku perkuliahan, dan buku-buku pengetahuan umum lainnya. Drop box Bank Buku tersedia di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Kantor Walikota Balikpapan, Kecamatan Balikpapan Kota, Kecamatan balikpapan Tengah, Kecamatan Balikpapan Utara.

Buku yang terkumpul akan diolah dan didistribusikan kepada OPD, taman bacaan masyarakat, atau perpustakaan binaan yang membutuhkan. Dengan adanya Bank Buku diharapkan ketersediaan akses terhadap buku menjadi semakin mudah. Yuk, sedekah buku! Berbagi buku = berbagi ilmu. (dispustakar/pk-mth)