Bimbingan Teknis Sistem Informasi Kearsipan Dinamis

Thursday - 07 November 2019 - Dibaca: 10 kali

Balikpapan - Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan menyelenggarakan bimbingan teknis aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) di Hotel Horison Sagita. Bimtek yang berlangsung pada 6-7 November 2019 ini diikuti oleh 36 orang pengelola arsip perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Bimtek ini merupakan bagian dari program dan kegiatan pembinaan sumber daya manusia (SDM) khususnya untuk pengelola arsip. Narasumber yang mengisi materi terdiri dari 3 orang arsiparis dari ANRI dan 1 orang dari Diskominfo Kota Balikpapan yang akan membimbing teknis penggunaan aplikasi SIKD.

Bimtek dibuka oleh Sayid M.N. Fadli, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan. Dalam sambutannya, Sayid M.N. Fadli mengapresiasi bimtek ini dan menegaskan kembali bahwa keberadaan arsip tidak boleh dipandang sebelah mata. "Arsip memiliki peranan penting, terlebih ketika terkait dengan masalah hukum. Pemerintah Kota Balikpapan beberapa kali mengalami kekalahan di pengadilan ketika berhadapan dengan lawan hukum, karena tidak memiliki arsip sebagai alat bukti," imbuhnya.

Aplikasi SIKD merupakan sistem pengolahan arsip berbasis teknologi informasi yang dikembangkan oleh ANRI (Arsip Nasional Republik Indonesia). Aplikasi yang berbasis web ini dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis. Diharapkan dengan adanya SIKD dapat mempermudah pengelolaan arsip dinamis dan para peserta dapat mengaplikasikan SIKD di perangkat daerahnya masing-masing. (dispustakar/scp-mth)