Pertama di Kalimantan Timur, Balikpapan Luncurkan SIKN dan e-Office SIKD

Wednesday - 11 Desember 2019 - Dibaca: 81 kali

Balikpapan – Pemerintah Kota Balikpapan melalui Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan dapat berbangga karena menjadi yang pertama menerima dan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Nasional dan e-Office Sistem Informasi Kearsipan Dinamis di Provinsi Kalimantan Timur (11/12/2019). Peluncuran yang dilaksanakan di halaman Dispustakar Kota Balikpapan ini dihadiri oleh Sayid M.N. Fadli, Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, jajaran Forkopimda, dan kepala Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

SIKN adalah aplikasi berbasis web yang menyediakan informasi tentang kota Balikpapan, misalnya Wali Kota dari masa ke masa, Cagar Budaya, dan berbagai informasi penting lainnya. Sedangkan e-Office SIKD adalah kolaborasi antara aplikasi e-Office yang telah beroperasi di bawah naungan Diskominfo Kota Balikpapan dan aplikasi SIKD untuk memberikan kemudahan dan perbaikan tata kelola kearsipan di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Sebelum meresmikan peluncuran SIKN dan e-Office SIKD, Sayid M.N. Fadli menuturkan bahwa di era digital saat ini, aplikasi tersebut dapat dimanfaatkan oleh seluruh perangkat daerah untuk berinovasi yang terkait dengan kearsipan. Sambutannya tersebut ditanggapi dengan baik oleh Dr. M. Taufik, M.Si, Plt. Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). “Dengan adanya aplikasi ini mimpi besar Balikpapan tidak cukup sebagai smart city, namun menuju world class,” tuturnya.

Dispustakar Kota Balikpapan mengajak masyarakat Kota Balikpapan agar dapat memanfaatkan aplikasi SIKN dengan baik guna memperoleh informasi yang autentik, utuh, dan terpercaya. Sejalan dengan itu, aplikasi e-Office SIKD diharapkan dapat membawa Pemerintah Kota Balikpapan mewujudkan tata pemerintahan yang bersih dan akuntabel. (dispustakar/scp-mth)