Kota Balikpapan Menyabet Predikat A Pengawasan Kearsipan

Wednesday - 26 Februari 2020 - Dibaca: 334 kali

Balikpapan patut berbangga karena menjadi salah satu penerima penghargaan dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) dalam hal Pengawasan Kearsipan. Kota Balikpapan memperoleh predikat A (memuaskan) dengan nilai 80,41. Hasil tersebut sesuai dengan Keputusan Kepala Arsip Nasional Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2020 tentang Penghargaan atas Hasil Pengawasan Kearsipan pada Kementerian/Lembaga, Pemerintah Daerah Provinsi, dan Pemerintah Daerah Kabupaten/Kota. Sebanyak 103 kementerian/lembaga, dan pemerintah daerah menerima penghargaan serupa.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menpan RB, Tjahyo Kumolo kepada Wali Kota Balikpapan, Rizal Effendi, di Sumaryo Grandballroom, Hotel Sunan, Surakarta (26/2/2020). Penyerahan penghargaan tersebut didampingi oleh Plt. Kepala ANRI, M. Taufik.

Sebagaimana yang tertuang dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan RB) Nomor 30 Tahun 2018 Tentang Pedoman Evaluasi Reformasi Birokrasi Instansi Pemerintah, pengawasan kearsipan menjadi salah satu indikator penilaian ANRI dalam evaluasi reformasi birokrasi. Aspek yang dinilai meliputi kebijakan kearsipan program kearsipan, pengelolaan arsip, kelembagaan, sumber daya manusia (SDM) kearsipan, serta prasarana dan sarana kearsipan.

Menurut Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, Hery Misnoto, dengan adanya pengawasan kearsipan seluruh perangkat merapatkan barisan membangun komitmen sesuai dengan komitmen Gerakan Nasional Sadar Tertib Arsip yang telah ditandatangani. “Harapan kami Wali Kota Balikpapan memberi dukungan penuh dengan memberi instruksi pembentukan unit-unit kearsipan di masing-masing Perangkat Daerah,” imbuhnya.

Semoga dengan hasil memuaskan di tahun 2019 ini tidak membuat Lembaga Kearsipan Daerah berhenti bekerja. Sebaliknya justru menjadi cambuk untuk lebih profesional dalam penyelenggaraan kearsipan. Semoga di tahun 2020 ini Kota Balikpapan dapat meningkatkan nilai hasil pengawasan menjadi predikat AA (Sangat Memuaskan ). (dispustakar/scp, mth)