Mari Mengenal SiKuMas Yuk

Balikpapan - Kegiatan donasi buku menebarkan manfaat bagi dunia literasi. Perpustakaan Kota Balikpapan terus berupaya menggalang donasi buku melalui SiKuMas (DonaSi BuKu Masyarakat). Inovasi Perpustakaan kota Balikpapan berupa SiKuMas ini mewadahi kebutuhan masyarakat yang ingin mendonasikan buku. Masyarakat yang ingin mendonasikan buku dapat datang langsung ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan, salah satunya melalui Kotak Bank Buku dan menghubungi bagian informasi untuk dapat diterima langsung secara fisik.

Melalui Bank Buku, bahan pustaka akan bertambah keragaman subyeknya sehingga dapat didonasikan kembali ke Pojok baca dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM). Kriteria buku yang dapat didonasikan yakni; tidak mengandung unsur SARA atau pornografi, buku baru atau pun lama yang layak baca. Buku yang terkumpul akan dipilah terlebih dahulu sebelum didonasikan kembali ke masyarakat.

Pojok baca dan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) yang membutuhkan tambahan koleksi (buku) dapat mengirimkan surat permohonan bantuan buku ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan.(dispustakar/pk/af)