SRIKANDI Menyapa Kota Balikpapan

Balikpapan - Kamis (02/03/2023),Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan meluncurkan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (SRIKANDI) di Hotel Grand Senyiur, Rabu (1/3/2023). Peluncuran secara simbolis dipimpin Asisten Bidang Administrasi Umum Pemkot Balikpapan, Andi Yusri mewakili Wali Kota Balikpapan, Rahmad Mas'ud.

Peluncuran dilakukan bersama Arsiparis Ahli Utama Arsip Nasional Republik Indonesia, Dr. M. Taufik, M.Si; Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Provinsi Kalimantan Timur, Drs. H.M. Syafranuddin, MM; Anggota DPRD Kota Balikpapan, Laisa Hamisa; dan Kepala Disputakar Kota Balikpapan, Sutadi.

Para undangan adalah pejabat organisasi perangkat daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan. Mereka juga mendapatkan pembekalan terkait aplikasi tersebut yang disampaikan Arsiparis Dr. M. Taufik. Pembekalan atau bimbingan teknis juga akan disampaikan pada hari kedua, Kamis (2/3/2023) oleh Arsiparis Ahli Madya, Sri Wulandari, S.ST.Ars dan Arsiparis Ahli Pertama, Endah Dwi Astuti, S.H.

Kepala Dispustakar, Sutadi mengungkapkan, Srikandi adalah aplikasi Pemerintah Indonesia yang disokong oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) serta Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Aplikasi ini bersifat umum dengan empat instrumen, yakni tata naskah dinas, klasifikasi arsip, klasifikasi kemanan, dan akses arsip dinamis. "Aplikasi ini akan diterapkan di seluruh Indonesia. Alhamdulillah, Kota Balikpapan sudah mempersiapkan sejak 2021 lalu dan di 2022 bisa selesai, hingga kita launching pada 2023 ini," terang Sutadi.

Aplikasi ini juga mencakup pengelolaan arsip digital atau digitalisasi arsip. Selanjutnya akan dilaksanakan uji coba penggunaan aplikasi ini. "Bersifat lokal atau internal Kota Balikpapan. Tapi sudah terintegrasi secara nasional," bebernya. (Dispustakar-scp)