Studi Banding UIN Samarinda Ke Dispustakar Kota Balikpapan

Balikpapan - Rabu, (25/05/2022) Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan  menerima kunjungan dari Mahasiswa Prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri Sultan Aji Muhammad Idris Samarinda. Peserta kunjungan terdiri atas 37 mahasiswa dan 1 dosen pendamping.  Tujuannya adalah untuk menjalin silaturahmi dan hubungan baik antara Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan serta mengembangkan wawasan dan pengetahuan mahasiswa dalam praktek pengelolaan perpustakaan (baik dalam segi pengelolaan, layanan, hingga pengolahan bahan pustaka). Rombongan Mahasiswa dipimpin oleh dosen pendamping bapak Taufik Badaruddin, diterima langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan Bapak Sutadi. Acara diawali dengan pembukaan (pemaparan profil) Perpustakaan Kota Balikpapan yang disampaikan oleh Kepala Dinas, kemudian dilanjutkan dengan sepatah kata maksud dan tujuan kunjungan oleh Bapak Taufik. 

Memasuki acara inti diisi dengan sesi tanya jawab, mahasiswa diberikan kesempatan untuk bertanya kepada Pustakawan Dispustakar. Pertanyaan yang diajukan kepada Pustakawan di antaranya : (1) bagaimana proses (tahapan) pengelolaan buku, (2) apa saja langkah-langkah pengadaan bahan pustaka. (3) Bagaimana pengembangan produk layanan perpustakaan digital iBalikpapan, (4) Apa saja kebijakan pengembangan SDM bidang perpustakaan, dan yang terakhir (5) Metode dalam mengukur Indeks Kepuasan Masyarakat.  

Mengakhiri keseluruhan kunjungan hari itu pustakawan Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan memberikan dorongan kepada para mahasiswa supaya bersemangat dalam menempuh studinya dan mempersilahkan untuk berkeliling (tour) perpustakaan. Semoga dengan kunjungan tersebut para mahasiswa mendapatkan pemahaman yang lebih mendalam tentang pengelolaan perpustakaan.(dispustakar,pk,tm).