RAPAT KOORDINASI PROGRAM KERJA PENGAWASAN KEARSIPAN TAHUN 2022

Balikpapan – Selasa,(31/05/2022) Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan selaku Lembaga Kearsipan Daerah melakukan Rapat Koordinasi Program Kerja Pengawasan Kearsipan Tahun 2022 (PKPKT) secara tatap muka bertempat di Teratai Ballroom Hotel Grand Tiga Mustika. Kegiatan luring kali pertama sejak terjadi pandemi Covid-19 ini dihadiri oleh dua puluh lima perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Kota Balikpapan.

Rakor PKPKT ini dihadiri dan dibuka secara langsung oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan, Bapak Muhaimin ST., MT. Beliau membuka sambutan dengan membaca sebuah pantun yakni “Hari raya makan ketupat, paling enak lauk ikan sepat. Jika arsip mau selamat, pengelola arsip harus cermat”. Dalam sambutan beliau berpesan agar peserta yang mewakili perangkat daerah dapat mengikuti dengan sebaik mungkin dan memiliki komitmen untuk mendukung penataan arsip menjadi lebih baik. Pj. Sekretaris Daerah Kota Balikpapan menenkankan bahwa arsip bukan hanya sekedar tumpukan kertas, melainkan sebuah bentuk tanggungjawab akuntabilitas kinerja yang autentik. Sebab tanpa arsip yang autentik, kita tidak akan selamat. Sehingga beliau akan melakukan evaluasi terkait pengelolaan arsip dan petugas pengelola arsip di masing-masing perangkat daerah.

Rakor PKPKT ini dihadiri oleh tiga Narasumber yaitu Kepala Pusat Akreditasi Kearsipan ANRI, Ibu Zita Asih Suprastiwi, Sh., MH., Arsiparis Madya ANRI Drs. Bambang Iwan M. M.hum, dan Kepala Bidang Pembinaan Kearsipan dan Tenaga Kearsipan DPKD Provinsi Kalimantan Timur, Bapak Dyayadi, S.Sos., MT. Kegiatan diharapkan mampu untuk menjadi tonggak awal pelaksanaan pengawasan kearsipan internal, sehingga dari hasil pengawasan tersebut dapat diperoleh potret kearsipan yang ada di masing-masing perangkat daerah.(dispustakar-scp)