Kunjungan Tim Penggerak  PKK Pokja II Kota Balikpapan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan

Balikpapan – Dalam rangka Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK, 4 orang pengurus Pokja II Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Balikpapan melakukan kunjungan ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan pada Rabu, 15 Juni 2022  Pukul 10.00 s/d 12.00 WITA untuk menyampaikan maksud dan tujuan berkunjung, yaitu Kampanye literasi untuk meningkatkan minat baca dan pembinaan perpustakaan/pojok baca kelurahan

Dalam Kunjungan ini, Tim Penggerak PKK Pokja  II Kota Balikpapan disambut baik oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan. Hadir dalam kunjungan ini Sekretaris Dinas, Kepala Bidang Perpustakaan dan Pustakawan. Dalam penyampaiannya Kepala Dinas (Bapak Sutadi) juga berterima kasih, dan menyambut baik program kerja Pokja II (PKK) Kota Balikpapan “Saya mendukung upaya Pokja II dalam mengkampanyekan literasi untuk meningkatkan minat baca dan pembinaan perpustakaan/ pojok baca Kecamatan dan Kelurahan, semoga kedepannya dapat berkolaborasi, mendampingi dalam pengelolaan perpustakaan/pojok baca Kecamatan dan Kelurahan dengan sebaik-baiknya dan dapat bermanfaat bagi masyarakat Kota Balikpapan,” ungkapnya.

Tidak hanya itu saja, Bapak Sutadi juga menjabarkan bahwa “Perpustakaan telah mengalami perubahan peran.  Adanya program TPBIS atau Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial telah menjadikan perpustakaan sebagai pusat kegiatan masyarakat dengan melaksanakan dan memfasilitasi pengembangan potensi masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraannya”, ungkap Sutadi. Pelaksanaan kegiatan pelibatan masyarakat di Perpustakaan Kota Balikpapan antara lain yaitu Kelas Menggambar, Kelas Menulis Fiksi, Menulis Non Fiksi, Kelas Mendongeng, Kelas Bahasa Inggris, Kelas Pelatihan Komputer Dasar, dan Pelatihan membatik.  Selain itu Perpustakaan Kota Balikpapan dan Pokja II Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Balikpapan akan membuat Perjanjian Kerja Sama untuk penguatan perjanjian kerjasama. Dan Bapak Sutadi juga menyampaikan bahwa Perpustakaan Kota Balikpapan dapat dimanfaatkan sebagai wadah atau tempat untuk memfasilitasi kegiatan-kegiatan, jika nantinya PKK mempunyai kegiatan.

Pokja II ini mengelola Program Pendidikan dan Ketrampilan dan Pengembangan Kehidupan Berkoperasi. Salah satu didalamnya adalah Literasi, Kampanye literasi untuk meningkatkan minat baca, terampil membaca, dan satu desa satu perpustakaan/pojok baca Kecamatan dan Kelurahan.

Tim Penggerak PKK Pengurus Pokja  II berharap melalui kunjungannya kali ini, antar organisasi dapat terjalin kerja sama dan memotivasi perpustakaan/pojok baca Kecamatan dan Kelurahan untuk dapat aktif berjalan dalam pelayanannya kepada masyarakat dalam rangka peningkatan gemar membaca masyarakat kecamatan dan kelurahan.