Pembinaan Perpustakaan Sekolah SD Negeri 006 Balikpapan Kota

Thursday - 17 Maret 2022 - Dibaca: 243 kali

Balikpapan - Pada 07 Maret 2022 Dinas Perpustakaan dan Arsip (Dispustakar) Kota Balikpapan melaksanakan kegiatan pembinaan perpustakaan, terhadap petugas pengelola Perpustakaan SD Negeri 006 Balikpapan Kota.Tim pembinaan perpustakaan dipimpin oleh Ibu Setiani Sub Koordinator Pengembangan Sumber Daya Perpustakaan beserta Pustakawan diterima langsung oleh Ibu Yutmiatin selaku Kepala Sekolah beserta Pengelola Perpustakaan. Beberapa hal disampaikan terkait kelengkapan penyelenggaraan perpustakaan, meliputi administrasi perpustakaan, pengorganisasian bahan pustaka berupa Inventarisasi, Klasifikasi, Input Data, Labelling, Shelving (penataan koleksi bahan pustaka di rak), sebagai upaya untuk memudahkan para pengguna dalam menemukan koleksi yang dicari. Dan juga disampaikan bahwa pembinaan perpustakaan ini diarahkan pada penerapan Standar Nasional Perpustakaan (SNP) sehingga perpustakaan ini nantinya diharapkan dapat memenuhi syarat untuk mengikuti Akreditasi Perpustakaan.

Akreditasi Perpustakaan merupakan salah satu 1 poin penting yang menjadi arah kebijakan nasional terkait dengan Standar Nasional Perpustakaan Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah termuat pada Perka Perpusnas RI Nomor 10 Tahun 2017, sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 mencakup:

a. standar koleksi perpustakaan;

b. standar sarana dan prasarana perpustakaan;

c. standar pelayanan perpustakaan;

d. standar tenaga perpustakaan;

e. standar penyelenggaraan perpustakaan; dan

f. standar pengelolaan perpustakaan.

Namun, dalam pengelolaan perpustakaan sekolah saat ini masih jauh dari harapan. Sebagian besar perpustakaan sekolah yang ada di Kota Balikpapan untuk tingkat Pendidikan Dasar belum memenuhi 6 standar nasional. Untuk itu Dispustakar mendorong sekolah-sekolah untuk meningkatkan kualitas perpustakaannya agar dapat dimanfaatkan oleh warga sekolah . Dan dapat bermanfaat untuk meningkatkan budaya literasi disekolah. Peningkatan kualitas meliputi Pemanfaatan sarana prasarana perpustakaan berbasis TI, teknologi informasi. Sehingga memudahkan pengelola dan pemustaka dalam pelayanan perpustakaan. Untuk mengoptimalkan pemanfaatan perpustakaan sekolah, maka perlu ditempuh rangkaian kegiatan yang terdiri atas pembinaan dan pengembangan koleksi, pengolahan, sampai dengan pelayanan bahan koleksi. Untuk meningkatkan minat dan budaya baca siswa, diharapkan perpustakaan sekolah mempunyai strategi dalam memberikan layanan kepada para siswanya, salah satunya dari koleksi yang dimiliki oleh perpustakaan sekolah, tidak hanya buku pelajaran, akan tetapi juga buku pengetahuan umum, motivasi serta hiburan yang saat ini sedang populer di kalangan siswa, sehingga siswa betah berlama- lama di Perpustakaan. Pembinaan terhadap perpustakaan sekolah bertujuan meningkatkan kualitas SDM, memotivasi warga sekolah untuk membaca dan memanfaatkan perpustakaan serta mendorong terciptanya budaya baca.(dispustakar/pk)