Dispustakar Umumkan Pemenang Lomba Esai Sekaligus Luncurkan Dua Buku Antologi Bertema Kearifan Lokal

Wednesday - 13 Maret 2024 - Dibaca: 37 kali

Balikpapan – Jumat(08/03/2024), Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan kembali mengadakan kelas menulis dan lomba menulis esai yang mengusung tema kearifan lokal demi mendorong literasi dan minat baca tulis, di masyarakat.

Dalam sambutannya, Bapak Elvin Junaidi selaku Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan mengatakan bahwa tulisan yang baik dapat menggugah pembaca, bahkan mampu mengubah peradaban.

Buku antologi “Angin Pengelana” merupakan hasil kelas menulis dalam rangka menyambut bulan bahasa yang diikuti oleh pelajar SMA dan umum sedangkan buku antologi “Ciko Si Lebah Hitam” merupakan hasil kelas menulis dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional yang diikuti oleh siswa-siswi berkebutuhan khusus.

Di acara tersebut, Widia Natalia, salah satu penulis antologi “Angin Pengelana” yang telah memiliki banyak karya menyumbangkan bukunya yang berjudul “Keep it Lowkey, Please”. 

Selain itu, tiga orang pemenang utama lomba esai turut diundang ; RR. Umi Chabibah sebagai Juara III Lomba Menulis Esai dengan judul Bunker-Bunker Jepang sebagai salah satu Bukti Praktik Romusha di Kota Balikpapan, Muhammad Royyan Fadhlullah sebagai Juara II Lomba Menulis Esai dengan judul Memaknai Relasi yang Serasi antara Suku Balik dan Hutannya, Aco Wahab sebagai Juara I Lomba Menulis Esai dengan judul Peran Batik Shaho Dalam Pelestarian Batik Khas Balikpapan.

Bertempat di City Planning Gallery kantor DISPUSTAKAR, ketiga pemenang mendapatkan piala dan uang pembinaan.

Buku-buku dan karya tulis esai ini dapat ditemui di Perpustakaan. Diharapkan hadirnya dapat menambah khasanah bacaan dan referensi ilmu pengetahuan bagi pelajar, mahasiswa dan masyarakat umum di Kota Balikpapan.(IP)