Dispustakar Balikpapan Gesit Tunaikan SiKuMas

Monday - 08 Mei 2023 - Dibaca: 409 kali

Balikpapan – Senin, (08/05/2023) Donasi Buku Masyarakat (SiKuMas) merupakan gerakan mendonasikan buku layak baca yang dilakukan oleh masyarakat melalui Dispustakar ( Dinas Perpustakaan dan Arsip) Kota Balikpapan. Buku-buku hasil donasi akan dikelola oleh Dispustakar Balikpapan untuk kemudian disalurkan kembali kepada masyarakat. Pojok baca, taman baca, perpustakaan sekolah, dan kelurahan merupakan beberapa zona tempat SiKuMas berlabuh. 

            SiKuMas mulai digencarkan Dispustakar Balikpapan sejak tahun 2019. Mulanya, SiKuMas dikenal dengan istilah Bank Buku yang diluncurkan sekitar tahun 2016. Perkembangan SiKuMas menunjukkan grafik yang menarik. Terbukti dengan agenda SiKuMas yang berlangsung di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan pada Kamis dan Jumat (4-5 Mei 2023) lalu. Dispustakar Balikpapan berhasil menyalurkan buku-buku bacaan yang berhasil dihimpun dari Bank Buku kepada lima sekolah dan satu perpustakaan kelurahan. Akseptor tersebut adalah SD IT Al Auliya 1 dan 2, SMP N 19 Lamaru, SMP N 10 Balikpapan Timur, MTs N 1 Balikpapan, dan Perpustakaan Kelurahan Margasari. 

Ada berbagai cara untuk berpartisipasi pada kegiatan SiKuMas. Sahabat Dispustakar dapat mendonasikan buku secara langsung kepada petugas di kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan atau melalui Bank Buku yang tersedia di empat titik yaitu Bank Buku di Bagian Umum Pemkot Balikpapan, Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Kota, Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Utara, dan Bank Buku di Kecamatan Balikpapan Tengah. Berbagai jenis buku bisa Sahabat Dispustakar donasikan kecuali buku pelajaran sekolah. 

Yuk, tunggu apalagi segera donasikan buku-bukumu! SiKuMas dari Masyarakat untuk Masyarakat! (Dispustakar-saz;ed-rf)