Pembinaan Perpustakaan Sekolah Dalam Meningkatkan Perpustakaan berAkreditasi

Thursday - 16 Maret 2023 - Dibaca: 561 kali

Balikpapan – Jumat (03/03/2023), Dalam Rangka “Pembinaan Perpustakaan Sekolah” Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Balikpapan melakukan kunjungan di sekolah yakni SDIT Balikpapan Islamic School, SD IT Al-Auliya, SMP IT Al-Auliya dan SMA IT Al-Auliya.

Kegiatan pembinaan perpustakaan sekolah bertujuan untuk mewujudkan penyelenggaraan perpustakaan sekolah sesuai dengan standar nasional dan meningkatkan perpustakaan sekolah terakreditasi nasional di Kota Balikpapan. Akreditasi perpustakaan merupakan sistem untuk meningkatkan kepercayaan pemustaka (pengguna perpustakaan) terhadap kinerja perpustakaan serta menjamin konsistensi kualitas kegiatan perpustakaan.

Kadispustakar Balikpapan memberikan arahan bahwa perpustakaan tidak hanya berkaitan dengan gedung dan buku saja, namun juga sistem penyimpanan, pemeliharaan, pengguna dan bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkannya. Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang melayani siswa, guru dan karyawan dari suatu sekolah tertentu.

Bidang Perpustakaaan Dispustakar melaksanakan kegiatan pembinaan, sesuai kewenangannya yaitu melakukan pembinaan terhadap seluruh perpustakaan sekolah di tingkat pendidikan dasar dan perpustakaan umum yang ada di wilayah Kota Balikpapan. Tim pembinaan yang turun dan terlibat membina ke sekolah adalah, Kepala Dinas, Kepala Bidang Perpustakaan dan Pustakawan

Dalam pembinaan ini fungsional pustakawan melakukan pembinaan terkait administrasi kelengkapan penyelenggaraan perpustakaan, seperti buku induk/inventris, tata letak ruang, tata letak koleksi bahan pustaka, klasifikasi, pembuatan nomor panggil atau label dan laporan-laporan statistik perpustakaan.(Dispustakar-pk,k).